Perbedaan laptop, notebook, dan netbook

 Perbedaan laptop, notebook, dan netbook

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, netbook termasuk jenis laptop. Namun, produk ini juga berbeda dengan notebook. Berikut ulasan perbedaan utama antara laptop, notebook, dan netbook.


  • Ukuran layar

Laptop memiliki ukuran layar lebih dari 18 inci. Sementara itu, notebook merupakan laptop sedang dengan ukuran layar 14–18 inci. Nah, netbook adalah varian laptop terkecil dengan ukuran layar di bawah 14 inci. Karena memiliki ukuran layar paling kecil, bobot netbook juga lebih ringan. Rata-rata netbook memiliki berat di bawah 1,5 kilogram. 


  • Spesifikasi dan kinerja

Netbook umumnya hanya mampu melakukan tugas-tugas sederhana. Contohnya adalah menulis, menjalankan web browser, dan terhubung ke internet dengan Wi-Fi. Beberapa netbook didesain menjadi produk 2-in-1. Selain digunakan sebagai netbook, Anda bisa menjadikannya sebagai tablet. Ada juga beberapa netbook dengan performa yang tak kalah canggih dari notebook dan laptop.



Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih netbook

Saat ini, kami akan memberikan tips memilih netbook. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Selain ukuran layar dan bobot netbook, Anda harus memperhatikan sistem operasi, daya tahan penggunaan, dan kapasitas penyimpanannya. Berikut ini penjelasannya. 

1

Kenali prosesornya

Prosesor merupakan sirkuit yang merespons dan memproses instruksi-instruksi dasar untuk menjalankan suatu device. Agar berfungsi dengan baik, netbook juga membutuhkan prosesor yang mumpuni. Ada beberapa prosesor yang kerap digunakan netbook, seperti Intel Celeron, Intel Core, dan AMD. Mari mengenal lebih lanjut tentang prosesor tersebut.

Intel Celeron, berguna untuk melakukan fungsi-fungsi dasar netbook

Intel Celeron, berguna untuk melakukan fungsi-fungsi dasar netbook

Celeron merupakan prosesor paling murah dari Intel. Prosesor Intel Celeron membantu netbook menjalankan fungsi-fungsi dasar seperti mengetik, mengakses internet, dan streaming video. Netbook dengan prosesor ini memiliki kinerja yang cukup baik, tetapi tidak dirancang untuk bermain game yang berat. Aplikasi-aplikasi berukuran besar juga akan berjalan lambat pada netbook dengan prosesor ini. 

Intel Core, prosesor canggih untuk aktivitas berat

Intel Core, prosesor canggih untuk aktivitas berat

Prosesor ini memiliki performa terdepan di bidangnya. Netbook dengan prosesor ini biasanya memiliki resolusi layar empat kali lebih tinggi. Anda pun dapat menonton video dengan kualitas 4K sehingga visual yang dihadirkan lebih hidup dan tajam. Selain itu, netbook juga bisa memainkan virtual reality dan game berat. Anda dijamin dapat menikmati aktivitas-aktivitas tersebut dengan lancar tanpa tersendat. 

AMD A9, dilengkapi kartu grafis yang memaksimalkan tampilan layar

AMD A9, dilengkapi kartu grafis yang memaksimalkan tampilan layar

Meskipun rata-rata netbook memiliki prosesor Intel, ada juga yang menggunakan AMD A9. Prosesor AMD A9 memiliki performa tinggi yang tidak kalah dari Intel Core. Biasanya, prosesor ini juga dilengkapi dengan kartu grafis Radeon R5 yang membuat tampilan layar lebih jernih


2

Ketahui RAM dan kapasitas penyimpanannya

Ketahui RAM dan kapasitas penyimpanannya

Netbook menjalankan beberapa fungsi, seperti mengedit dokumen, menjalankan aplikasi, dan menjelajahi internet. Kecepatan dan kinerjanya bergantung pada jumlah memori yang ada pada netbook. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui jumlah RAM yang ada pada netbook. Makin besar RAM, makin tinggi juga performanya. Netbook biasanya memiliki RAM 2 GB hingga 8 GB. 


Selain itu, kapasitas penyimpanan (storage) juga perlu diperhatikan. Storage dapat menyimpan dan mengakses data dalam jangka panjang. Data-data yang ada akan terus tersimpan meskipun netbook dimatikan. Akan lebih baik jika Anda memilih netbook dengan kapasitas penyimpanan yang besar


3

Perhatikan daya tahan penggunaannya

Perhatikan daya tahan penggunaannya

Daya tahan baterai menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih netbook. Jika Anda sangat aktif dan produktif, tentunya Anda membutuhkan netbook yang dapat digunakan dalam waktu lama. Rata-rata, netbook dapat digunakan selama 8 jam per hari. Namun, ada juga yang bisa beroperasi hingga 10 jam, bahkan 22 jam. Pilihlah produk  yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Terima kasih Telah membaca Blog saya, semoga bermanfaat bagi pembaca yang budiman

Post a Comment

0 Comments

Selamat datang di Blog Margaretha Rini Yuliastuti, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!!